Materi 1: Kaidah Pencacahan

Kaidah pencacahan atau counting slots adalah suatu kaidah yang digunakan untuk menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang terjadi pada suatu peristiwa. Kaidah pencacahan adalah suatu cara atau aturan untuk menghitung semua kemungkinan yang dapat terjadi dalam suatu percobaan tertentu. Kaidah pencacahan diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang.

Contoh:

Pak Made Sukanta akan membuat 2 jenis martabak, yaitu martabak tipis dan martabak tebal. Kedua jenis martabak akan diisi 3 macam toping, yaitu cokelat, keju, dan kacang. Dari 2 jenis martabak dan 3 pilihan toping, berapa macam martabak yang dapat dibuat oleh Pak Made Sukanta?

Penyelesaian:
Macam-macam martabak yang dapat dibuat oleh Pak Made Sukanta adalah:
  1. Martabak tipis dengan toping cokelat
  2. Martabak tipis dengan toping keju
  3. Martabak tipis dengan toping kacang
  4. Martabak tebal dengan toping cokelat
  5. Martabak tebal dengan toping keju
  6. Martabak tebal dengan toping kacang
Jadi, ada 6 macam martabak yang dapat dibuat oleh Pak Made Sukanta.

Dengan rumus, menghitung banyak macam martabak yang dapat dibuat adalah: 2x3=6 macam.😎


Contoh:


Dari angka-angka : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 akan disusun suatu bilangan yang terdiri dari 3 angka untuk plat nomor kendaraan. Berapakah banyaknya bilangan yang dapat disusun?

Penyelesaian:
Untuk angka pertama ada 6 pilihan, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Untuk angka kedua ada 7 pilihan, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Untuk angka ketiga ada 7 pilihan, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Banyak susunan bilangan yang dapat dibuat adalah: 6x7x7=294 bilangan. 😎

Untuk lebih memahami materi kaidah pencacahan, silahkan download dan baca bahan ajar berikut.



Tugas:
  1. Pak Sutama akan memproduksi 3 jenis kue, yaitu Dadar, Bakpao, dan Roti, dengan 3 jenis isian, yaitu Cokelat, Gula aren, dan Kacang hijau. Berapa macam kue yang bisa dijadikan alternatif untuk diproduksi oleh pak Sutama?
  2. Dari Amlapura ke SMKN 1 Manggis bisa melalui jalus Sang Hyang Ambu dan Selat (2 jalur). Dari SMKN 1 Manggis ke Klungkung bisa melalui jalur Kusamba dan By Pass (2 jalur). Ada berapa alternatif pilihan jalan yang bisa dilalui jika seseorang berangkat dari Amlapura ke SMKN 1 Manggis kemudian menuju Klungkung?
  3. Diberikan angka 0,1,2,3,4,5. Jika disusun menjadi bilangan puluhan genap, berapa banyak bilangan yang dapat disusun?
Pilih salah satu soal, kerjakan di bukumu, kemudian kumpulkan hasilnya di sini!
Terimakasih sudah mengikuti pelajaran, tanyakan hal-hal yang belum jelas di grup Telegram.

madeadiis

Saya I Made Adi Ismaya. Saya adalah guru matematika pada sebuah SMK Negeri. Mempelajari dan menulis di blog sudah saya lakukan sejak 2009. Kini saya fokus pada blog tentang pendidikan, pembelajaran matematika, tips&trik, serta sosial budaya. Mengapa? Karena bidang ini paling dekat dengan kehidupan sehari-hari saya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama